Kamis, 11 September 2014

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha (Tanpa Pinjaman)

Deal via www.college.monster.com


"Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan pula untuk mendapatkan modal usaha."

Menjadi pengusaha tidak hanya membutuhkan kreativitas dan keberanian. Banyak orang yang ingin memiliki usaha sendiri, tetapi selalu mengeluhkan,"Ah! tidak punya modal". Tidak sedikit pula yang berkelit,"Modalnya darimana?". Alih-alih membuka usaha, yang ada usaha tidak segera jalan karena modal jadi kendala.

Jika kita memiliki keinginan kuat menjadi pengusaha, akan ada banyak cara memperoleh modal. Namun, sayangnya banyak di antara kita kurang jeli melihat peluang tersebut. Berikut saya beberkan beberapa kiat memperoleh modal usaha yang low risk tanpa melakukan pinjaman, berdasarkan pengalaman saya pribadi maupun beberapa rekan saya.

1. Investor.

Investor bisa berasal dari kalangan pengusaha, maupun karyawan yang memiliki uang tetapi tidak punya waktu untuk mengelola usaha. Agar dapat menjaring investor, pastikan kita memiliki business plan yang jelas dan laporan keuangan yang transparan. Secara garis besar, business plan menjelaskan tentang produk / jasa, tujuan jangka panjang, proyeksi BEP (Break Event Point) atau balik modal, dan proyeksi keuntungannya. Sehingga investor tidak ragu menginvestasikan uangnya pada bisnis kita. Sistem yang diterapkan dapat berupa bagi hasil antara investor dan pengelola usaha, sesuai besaran saham yang disepakati. Pastikan ada perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang jelas agar tidak ada pihak yang dirugikan.


2. Patungan.

Cara mendapatkan modal usaha yang satu ini banyak diminati karena risiko kerugian yang ditanggung kecil. Sebab keuntungan dan kerugian ditanggung bersama. Semakin banyak pemilik saham, maka kerugian yang ditanggung semakin kecil. Namun, keuntungan yang didapat juga semakin kecil. Sistem yang diterapkan sama dengan modal dari investor (no.1), yaitu bagi hasil sesuai saham yang diinvestasikan masing-masing. Penting sekali membuat perjanjian kerja sama (MoU) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.


3. Kompetisi Wirausaha.

Beberapa tahun belakangan, banyak perusahaan dan instansi yang mengadakan kompetisi wirausaha dengan hadiah berupa modal usaha. Tidak hanya sebagai Corporate Social Responsinility (CSR) perusahaan, kompetisi tersebut turut berkontribusi menumbuhkan bibit-bibit pengusaha di Indonesia. Namun, untuk dapat mengikuti kompetisi ini harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan masing-masing perusahaan. Misalnya : peserta telah memiliki usaha dengan jangka waktu minimal 1 tahun, memiliki manfaat sosial, mencapai omset yang telah ditentukan, dan memiliki business plan. Peserta kompetisi tidak hanya berpeluang mendapat modal usaha hingga ratusan juta Rupiah, tetapi juga mendapat pembekalan kewirausahaan. Banyak jebolan dari kompetisi wirausaha yang semakin sukses dalam bisnis, seperti Odi Anindito (Coffee Toffee), Elang Gumilang (Developer), dan Hendy Setiono (Kebab Turki Baba Rafi).

Apabila tertarik mengikuti kompetisi wirausaha, beberapa perusahaan dan instansi ini mengadakan kompetisi setiap tahunnya :

- Wirausaha Muda Mandiri oleh Bank Mandiri.
- Diplomat Success Challenge oleh Wismilak Group.
- Lomba Inovasi Bisnis Pemuda oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
- Wanita Wirausaha Femina oleh Femina.
- Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) oleh Entrepreneurs' Organization.
- Kompetisi Business Plan BNI Co-Creators oleh Bank BNI.


4. Multilevel Marketing (MLM).

Bergabung dengan Multivelel Marketing (MLM) biasanya tidak membutuhkan modal besar. Hanya berkisar puluhan hingga ratusan ribu Rupiah. Tetapi jika ada MLM yang modal awalnya mencapai jutaan Rupiah, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah hasil yang didapat sepadan dengan yang dikeluarkan (pendaftaran dan tutup poin setiap bulannya).

Sebelum bergabung dalam bisnis MLM, pastikan sekurang-kurangnya 3 hal ini terpenuhi :

Produk dibutuhkan banyak orang dan harganya masuk akal.
Produk yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang akan lebih mudah dipasarkan. Jika MLM yang diikuti tidak memiliki produk, bisa jadi bisnis tersebut bukanlah MLM melainkan money game. Contohnya seperti arisan yang belakangan ini sedang popular. Harga juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli produk. Penting untuk survey pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan bergabung dengan suatu MLM.

Sistem tidak rumit dan bonusnya menguntungkan.
Beberapa MLM menerapkan sistem binary, double binary, atau matahari. Semakin banyak frontline ('kaki' langsung di bawah kita), akan semakin berat menjalankannya. Perhatikan juga sistem tutup point-nya, yaitu produk yang harus dibelanjakan setiap bulannya agar bonus dapat cair dan untuk kenaikan peringkat. Jangan sampai tutup poin memberatkan kantong kita. Pernah ada teman saya yang mengikuti MLM bukannya untung tetapi semakin rugi, sampai menjual barang-barang berharganya. Bagaimana tidak, untuk mengejar kenaikan peringkat ia harus melakukan tutup poin hingga jutaan Rupiah. Namun, peringkat tidak teraih dan bonus yang didapat juga lebih sedikit dari tutup poinnya.

Orang yang mengajak kita bergabung (upline) kita dapat dipercaya dan mau mensupport.
Dampingan upline sangat dibutuhkan pada masa awal kita bergabung dengan bisnis ini sebab masih kurangnya pengetahuan terhadap produk dan marketing plan. Sedangkan kerja sama team dibutuhkan untuk mempercepat perluasan jaringan dan saling mensupport tentunya. Tidak sedikit pelaku MLM yang kurang bersemangat karena bekerja sendiri tanpa adanya team.

MLM menawarkan penghasilan yang besar dengan modal yang kecil, asalkan kita benar-benar bekerja keras. Di samping bonus yang menggiurkan, secara tidak langsung mental kita juga terasah. Salah seorang kenalan saya yang sukses di bisnis MLM, kini memiliki usaha di bidang properti di Semarang. Modal usaha yang mencapai ratusan juta Rupiah ia peroleh dari menekuni bisnis MLM dari nol. Ada juga rekan saya yang dulu bekerja sebagai Satpam di salah satu bank swasta di Jakarta. Kini ia memiliki usaha kuliner dan laundry yang modalnya diperoleh dari bisnis MLM serupa.


5. Kuis / Kontes.

Mengikuti kuis atau kontes bisa jadi alternatif untuk mendapatkan modal usaha lho. Kuis berhadiah uang tunai, gadget, hingga peralatan yang mungkin dibutuhkan dalam usaha kita, kini semakin menjamur. Namun, sayang sekali banyak kuis yang pemenangnya ditentukan berdasarkan voting. Sehingga tidak heran jika ada peserta yang tidak sportif. Oleh karena itu, saya lebih suka mengikuti kuis atau kontes yang mengandalkan skill dan kreativitas. Informasi mengenai kuis dan kontes yang sedang diadakan bisa Anda lihat disini atau disini.


Jadi, masih bingung mencari cara mendapatkan modal usaha selain kredit di Bank? Semoga salah satu dari 5 (lima) cara di atas dapat menjadi solusi bagi Anda. Jika ada cara lain atau ada pengalaman Anda memperoleh modal usaha, silakan dibagikan pada kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat.

6 komentar:


  1. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    BalasHapus
  2. Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

    Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs. Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

    BalasHapus
  3. Halo,
    Saya Nurliana Novi Saya ingin membagikan karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta disini di indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya.
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasiku dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dipercaya oleh ELINA JOHNSON LOAN FIRM.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM Rp500.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui ELINA JOHNSON LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya mohon saran anda jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ELINA JOHNSON LOAN FIRM. Hubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  4. Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada Ibu Baik Ibu Ana Michael.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Nyonya Ana Michael via EMAIL: [TOMASAJUSTINCAPITALLOANCENTER@GMAIL.COM]

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri Yono via EMAIL-nya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  5. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  6. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung.
Feel free to comment and sharing here =)

Salam semangat,
Septi Kurnia