Selasa, 19 Agustus 2014

Menuai Pundi Rupiah dari Menulis e-Book


 Sumber gambar www.guardianlv.com


Memiliki hobi menulis atau pengalaman yang dapat dibukukan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Kini banyak penulis dan penerbit yang beralih dari buku kertas ke buku digital (e-book). Buku yang telah diterbitkan di toko buku juga dapat dijual melalui e-book. Di samping menghemat biaya pencetakan, e-book lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan kertas. Jangkauan e-book lebih global sehingga pembaca bisa berasal dari belahan dunia manapun yang terkoneksi internet. Berdasarkan data Kemkoninfo, jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2014 mencapai 82 juta orang atau menduduki peringkat ke-8 dunia.1 Jumlah tersebut terus meningkat seiring kemajuan teknologi dan informasi..

Dari segi bisnis, satu e-book dapat dihargai secara gratis, hingga ratusan ribu rupiah. Dapat kita bayangkan jika kita menulis e-book dan dihargai Rp 10.000,00 saja per-e-book. Kemudian di download oleh setidaknya 0,001% pengguna internet di Indonesia, maka keuntungannya bisa kita jabarkan sebagai berikut :

Keuntungan  = Rp 10.000,00 x (0,001% x 82 juta) = Rp 10.000,00 x 820 = Rp 8.200.000,00


Wow! Lumayan menguntungkan bukan?


Jika Anda tertarik untuk menerbitkan e-book, beberapa website buku digital yang menyediakan penerbitan e-book antara lain :

1. www.qbaca.com atau klik disini

2. www.penerbitonline.com atau klik disini

3. www.bukukita.com atau klik disini


Selamat menulis :)





1 http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker

2 komentar:

  1. Wah nea skrng jd penulis jg ya?
    Sip...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe begitulah Ked.. Menulis untuk meninggalkan jejak =)

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung.
Feel free to comment and sharing here =)

Salam semangat,
Septi Kurnia