Kamis, 30 Oktober 2014

Sebuah Catatan Bodoh : Pengalaman Ketemu Makhluk Halus (Part II)



Lanjutan ceritanya...

Sekali lagi sebelum baca tulisan ini, gw jelasin maksud dan tujuan tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti atau tujuan tidak baik lainnya. Cuma pengen berbagi cerita aja, semoga setelah baca cerita ini kita semakin membentengi diri kita dari gangguan setan dengan semakin rajin sholat, ngaji, dan dzikir.

Di artikel ini temanya adalah makhluk halus berwujud anak-anak dan wanita. Udah siap baca lanjutan ceritanya? Ini dia...

Tuyul

Gw sedikit fobia dengan boneka mirip boneka susan atau anabelle, karena bentuknya kayak makhluk halus yang paling sering gw liat, tuyul. Sepengetahuan gw, tuyul itu besarnya seperti anak TK pada umumnya. Tapi dia bisa mengecil seukuran balita, trus mengecil lagi setelapak tangan, trus hilang. Dia biasanya bergerombol alias banyak banget temennya. Kayak anak-anak kecil lagi main gitu. Yang kasian dari makhluk ini adalah dia sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang pengen kaya secara instan untuk nyari duit. Penciumannya tajem banget kali ya, jadi dia bisa tau dimana kita naruh duit.

Suatu hari gw dan temen kerja gw pindah kost. Karena kamar gw belum diberesin, jadi gw tidur di kamar dia. Malemnya, ada suara 2 anak kecil. Mereka masuk dari jendela yang menghadap ke belakang rumah. Gw pura-pura tidur dan nggak ngeliat mereka. Dua tuyul itu saling bercakap-cakap dengan bahasa jawa. Salah satunya bilang gini,"Kae ning kono (itu di sana)." Sambil mereka menuju ke arah lemari. Paginya gw nanya ke temen gw apakah dia nyimpen duit di lemari. Ternyata bener dia nyimpen duit di lemari, tapi duit recehan sih. Hehehe. Kasian juga ya kalo mereka ambil recehan trus dikasihin ke majikannya *Bayangin muka majikannya pas dikasih duit recehan* Hihihihi

Ada juga tuyul yang suka iseng ganggu kita. Ini gw alami pas gw sakit biduran (kulit merah, bentol-bentol, dan gatal) karena alergi ikan laut. Malemnya gw tidur pakai minyak kayu putih dan bedak bayi. Gw pake selimut sampe nutupin telinga. Tiba-tiba kepala gw dingin banget kayak ada yang niup. Ternyata di atas kepala gw ada kaki-kaki mungil kayak kaki balita. Kok ada kaki? batin gw. Pas gw pegang salah satu telapak kaki, eh ada suara anak kecil cekikikan. Nggak taunya ada 2 tuyul yang duduk di atas kepala tempat tidur gw dan kakinya ongkang-ongkang. Wujud mereka kayak boneka Anabelle berwajah Masha. Langsung aja gw teriak dan bangun. Mereka ilang nggak tau kemana, yang ada cuma hembusan angin. Yah mungkin tuyul-tuyul itu nyangka gw anak seusianya karena aroma gw waktu itu kayak balita. Heheheheh

Kuntilanak

Wanita berbaju putih, berambut panjang, dan wanginya kayak bunga melati. Makhluk ini paling sering nampak di film-film horror. Tapi gw paling nggak suka nonton film horror, apalagi yang judulnya aneh-aneh. Tujuannya nggak penting banget, buat nakut-nakutin. Karena terbukti semua yang nonton film horror pada takut kan... Yaiyalah, coba mana ada yang setelah nonton film horror trus terinspirasi dengan kegigihan dan perjuangan si hantu menegakkan kebenaran dan keadilan? heheheh. Satu-satunya film bergenre horror yang gw suka adalah Sixth Sense, karena diambil dari kisah nyata seorang anak yang punya indra keenam dan ternyata pengacaranya selama ini adalah hantu. Hiii....

Back to the kuntilanak. Makhluk yang satu ini kadang ada yang jahat suka ganggu atau jahil suka ngumpetin barang-barang sepele, seperti gunting kuku, cobek, pulpen, dan barang yang sedang kita butuhin. Ada juga yang malem-malem nangis minta tolong. Kalo udah denger suara tangisan wanita ini di malam hari diselingi dengan suara,"toooloooong..." Biasanya gw jawab,"Maaf, saya nggak bisa nolong. Saya cuma bisa doain." Trus gw bacain Al Fatihah dan Yasin, besoknya insyaAllah suara itu udah nggak ada lagi, tapi nongol di depan gw! Mungkin mau ngucapin terima kasih kali ya udah didoain. Hehehe

Berdasarkan pengalaman gw pas kemah, jerit malam, renungan malam, atau kegiatan apapun di suatu tempat, makhluk ini yang paling sering muncul. Mungkin rasa penasarannya tinggi banget, jadi dia muncul dan ngeliat kegiatan yang sedang kita lakuin. Kalau dia pengen kenalan atau ngerasa keganggu dengan aktivitas kita, dia akan ngasih kode seperti manggil-manggil nama kita bahkan menampakkan dirinya.

Wanita Cantik di Samping Keranda

Ada tetangga gw yang rumahnya deket sawah, di sampingnya banyak pepohonan dan ada sungai kecil yang airnya tergenang. Beberapa orang kalo lewat rumah dia mencium aroma kentang, padahal tetangga gw nggak masak kentang. Gw sendiri belum pernah mencium bau kentang di sekitaran rumahnya. tapi gw pernah diliatin anak-anak kecil main jamuran (permainan tradisional dari Jawa) di bawah pohon kelapa yang ada di depan rumah tetangga gw, menjelang maghrib. Trus di sawah deket rumahnya, gw liat ada gubuk kecil dari bambu dan atapnya terbuat dari jerami. Di dalam gubuk itu ada seorang wanita cantik banget, dia duduk seolah menjaga keranda yang nggak ada isinya. Gubuk dan keranda itu nggak bisa dilihat dengan kasat mata. Pandangan mata wanita itu tajam, pokoknya takut kalo ngeliat matanya, perasaan jadi menciut.

Suster Ngesot

Suster ngesot nggak cuma ada di rumah sakit. Waktu awal-awal gw kerja di perusahaan dan pertama kali ngekost, gw pernah didatengin sama makhluk ini. Nggak tau darimana asalnya, mungkin dia niatnya ngajak kenalan. Dia nggak pakai baju suster seperti yang ada di film-film. Pakaiannya sama kayak kuntilanak, rambutnya setengah basah dan terurai panjang menutupi wajahnya. Waktu itu ceritanya gw lagi tidur, lampu kamar gw matiin karena silau banget. Tapi masih ada cahaya remang-remang dari lampu ruang TV yang masuk ke kamar gw. Pas tengah malem gw kebangun, tiba-tiba ada sesosok tangan megangin kasur gw. Dia jalan dari pintu kamar ke arah dinding. Tangan kirinya megang kasur gw, tangan kanannya bertumpu di lantai. Pas jalan suaranya "sret...sret..." persis kayak suara nyapu pake sapu lidi, tapi lebih smooth. Jantung gw rasanya kayak mau copot karena itu pertama kalinya gw liat suster ngesot (dan semoga terakhir kalinya). Soalnya makhluk yang satu ini nggak bersuara sama sekali, cuma ada suara itu tadi. Udah gitu tepat di depan gw, dia ngeliat wajah gw sebentar lalu dia nunduk lagi. Dia jalan ke arah tembok trus ngilang, mungkin numpang lewat kali yah.. Habis suaranya ilang, gw lompat dari tempat tidur ke arah saklar lampu. Gw baru bisa bernapas lega setelah nyalain lampu dan baca doa-doa.

Nenek Berambut Panjang

Masih di kamar kost gw yang letaknya di bawah tangga, tempat dimana gw sering didatengin makhluk halus untuk sekedar kenalan atau dimintain tolong. Suatu malem gw tidur dengan lampu mati tapi tetap ada cahaya masuk dari ventilasi. Tengah malem gw kebangun gara-gara ada seseorang yang duduk di bawah kaki gw. Dia berwujud temen gw dan ngeliatin gw yang lagi bobok cantik. Dalam hati gw, kok ada si K malem-malem di kamar gw? Notes : K ini inisial temen gw. Trus gw nanya ke dia,"Kamu siapa?" Dia nggak ngejawab tapi cengengas cengenges. Trus gw nanya lagi,"Kamu siapa???" Dia ngejawab nama temen gw. Anehnya, temen gw ini nggak bisa ngomong huruf "R" dengan jelas, tapi kok dia bisa? Gw nanya lagi dengan nada galak ke dia,"Bohong kamu! Masa kamu bisa ngomong huruf R jelas banget?" Dia bukannya ngejawab, malah ketawa ngakak kayak mak lampir. Tiba-tiba wujudnya berubah jadi nenek-nenek tua pake kebaya dan rambut putihnya terurai panjang. Jantung gw lagi-lagi berdetak dengan tempo ngebeat dan ngepot-ngepot. Gw baca Ayat Kursi dan suruh dia pergi jangan ganggu gw karena gw nggak ganggu dia. Gw buru-buru nyalain lampu kamar dan dia udah nggak ada. Sejak saat itu gw nggak pernah lagi tidur dengan kondisi lampu mati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.
Feel free to comment and sharing here =)

Salam semangat,
Septi Kurnia