Kamis, 30 Oktober 2014

Sebuah Catatan Bodoh : Pengalaman Ketemu Makhluk Halus (Part I)



Mumpung malem Jumat nih gw mau cerita dikit pengalaman serem yang pernah gw alami. Nggak serem banget sih, cuma agak serem aja. Ini pengalaman gw ngeliat beberapa sosok dari dunia lain yang disebut dengan makhluk halus. Udah ada beberapa makhluk halus yang pernah gw liat atau sekedar menyatroni gw, seperti kunti, tuyul, genderuwo, dan yang paling serem tentunya pocong...

Tapi sebelum baca tulisan ini, gw jelasin maksud dan tujuan tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti atau tujuan tidak baik lainnya. Gw cuma pengen berbagi cerita aja, semoga setelah baca cerita ini kita  semakin membentengi diri kita biar nggak diganggu makhluk halus, dengan cara tambah rajin sholatnya, ngaji, dan dzikir. Oke, sudah siap semua yah? hehehe...

Laki-Laki Tinggi Banget

Gw masih inget pertama kali liat makhluk halus dengan sadar itu pas kelas 1 SD. Waktu itu jam 1 malem gw kebangun dan nggak bisa tidur lagi. Gw bolak-balikin badan ke kanan dan ke kiri nyoba untuk memejamkan mata. Tiba-tiba gw liat ada kepala nongol dari ventilasi di atas pintu (rumah jaman dulu ventilasinya lebar kayak jendela dan ada ukir-ukirannya). Ada sesosok laki-laki wajahnya pucet dan tinggiii banget lagi ngeliatin gw. Spontan aja gw tutupin kepala dengan selimut sambil baca Al Fatihah, sampai akhirnya gw tertidur. Sebenernya nggak cuma gw aja yang bisa ngeliat makhluk halus. Udah turun temurun dalam keluarga gw, dari kakek buyut, embah putri, nyokap, dan sodara sepupu gw yang bisa liat atau sekedar tau keberadaan mereka.

Dengar Suara-Suara Aneh

Gw sangat cuek dengan keberadaan makhluk halus sampai gw SMA. Gw percaya mereka ada, tapi gw cuek seolah mereka nggak ada di sekitar kita. Kadang "mereka" manggil gw,"Niaaa..." dengan suara lembut tepat di kuping tapi kedengeran kayak mereka ngomongnya pakai speaker dan suaranya kebawa angin. Yang sering manggil biasanya sih cewek. Mereka cuman mau kasih tau keberadaan mereka di tempat itu, biar kita jaga sikap dan perbuatan jangan sampai ngeganggu mereka. Ada juga yang sering ngejawab salam gw. Kalo masuk ke tempat baru, gw pasti akan permisi dulu,"Assalamu'alaikum..." Kadang ada yang ngejawab,"Wa'alaikumsalam..." tapi pas gw cari nggak ada orang.

Punokawan

Tau kan punokawan? Semar, Gareng, Petruk, Bagong, adalah tokoh pewayangan yang biasanya kita liat di Buku Pepak Basa Jawa. Pas kuliah, gw semakin sering liat makhluk yang aneh-aneh. Gw nggak tau yang gw liat ini adalah punokawan beneran atau jin yang menyerupai mereka. Pas malem, gw kebangun dengan kondisi setengah sadar dan denger suara gamelan rame banget. Tiba-tiba dari pintu kamar keluar empat orang kerdil jalan sambil tangannya nari-nari. Mereka jalannya miring ke kanan, urut kayak baris-berbaris gitu. Mereka nari-nari ngikutin iringan gamelan sambil jalan ke arah gw. Karena takut banget dan mereka semakin deket, gw merem sambil baca Ayat Kursi dan suruh mereka pergi jangan ngeganggu gw. Pas gw melek, mereka udah ilang beserta suara gamelannya. Cuma tersisa tiupan angin berhembus ke tubuh gw.

Gadis Berkerudung Coklat

Nggak semua makhluk halus yang gw liat itu jahat, ada juga yang baik, contohnya yang satu ini. Gw nggak tau siapa dia, tapi ada yang bilang kalo dia itu "adhi ari-ari (adik ari-ari)" gw. Lagi-lagi pas tidur, tiba-tiba ada anak kecil yang tidur di samping gw. Pas gw balik badan ke arah dia, muka kita bertatapan langsung. Dia seumuran anak SD kelas 3, pakai jilbab coklat dan senyumnya manis banget. Dia ngeliatin gw. Waktu gw tanya,"kamu siapa?" Dia cuma senyum (yaiyalah masa makhluk halus ditanyain..hehe). Terus dia duduk dan ngasih gw Al Qur'an berwarna emas. Itu Al Qur'an gw yang udah lama nggak gw sentuh :(
Habis itu dia pergi sambil panggil gw,"Kakak ke-2..."
 *Notes : Dalam budaya Jawa, ada istilah kakang kawah (kakang = kakak ; kawah = air ketuban) dan adhi ari-ari (adhi = adik ; ari-ari = tali pusar).

Paginya gw ceritain kejadian ini ke nenek gw (yang sekarang sudah kembali ke Allah) dan ke nyokap gw. Ternyata semalem nenek gw mimpi didatengin anak kecil berkerudung coklat itu dan dia sungkem sama nenek. Mungkin gadis berkerudung coklat itu mau ngingetin gw agar rajin ngaji, karena udah lama gw nggak ngaji :(



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.
Feel free to comment and sharing here =)

Salam semangat,
Septi Kurnia